TUGAS PSIKOLOGI PENDIDIKAN

D
I
S
U
S
U
N


OLEH :
                                 Ramadani Barus                    NIM : 161301007




FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN
2016/2017

KATA PENGANTAR


            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan kasih-Nya, atas anugerah hidup dan kesehatan yang telah kita terima, serta petunjuk-Nya sehingga memberikan kemampuan dan kemudahan bagi saya dalam penyusunan makalah ini.          
            Di dalam paper ini penulis selaku penyusun hanya sebatas ilmu yang bisa kami sajikan dengan materi popok “penyusunan artikel motivasi serta menganalisa berdasarkan teori motivasi yang ada”.
            Penulis menyadari bahwa keterbatasan pengetahuan dan pemahaman tentang judul tersebut, menjadikan keterbatasan pula untuk memberikan penjabaran yang lebih dalam tentang masalah ini, sudi kiranya dimaklumi apabila masih terdapat banyak kekurangan dan kesalahan dalam penyusunan paper ini.
            Harapan saya semoga makalah ini memberi manfaat bagi kita, setidaknya untuk sekedar membuka cakrawala berpikir kita tentang motivasi.
           

                                                                                                Medan, 12 April 2017




                                                                                                                  Penulis











Didorong Maju di Pilgub Jatim, Khofifah: Saya Cek Sound Dulu


        Jakarta - Beberapa partai politik melirik Khofifah Indar Parawansa untuk diusung di Pilgub Jawa Timur 2018. Meski demikian, Khofifah, yang saat ini duduk sebagai Menteri Sosial, akan lebih dahulu melihat hasil survei. 

"Saya rasa, saya harus cek sound dulu. Cek sound adalah survei yang harus dilakukan secara detail," kata Khofifah saat ditemui seusai acara pelantikan PP Muslimat NU di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (28/3/2017).
        Saat ini, Khofifah ingin berfokus di posisinya sebagai Mensos terlebih dahulu. Meski demikian, dia tetap memantau jalannya proses politik, termasuk di Jawa Timur. 
"Jadi begini, kalau sekarang karena saya membawa mandat Mensos, saya ingin memaksimalkan kinerja dan sosialisasi saya untuk bekerja di Kementerian Sosial. Kita sama-sama melihat bahwa ada proses politik yang sedang berjalan di negeri ini, termasuk di Jatim," ujarnya.
Sebelumnya diberitakan, setidaknya ada tiga partai politik yang 'tertarik' dengan Khofifah. Parpol itu adalah NasDem, PAN, dan Golkar. 
"Khofifah kan potensi. Dia teman baik saya, saya kenal baik. Saya setahun yang lalu sudah mendorong," ujar Ketum PAN Zulkifli Hasan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (27/3/2017).

KESIMPULAN:
  
Berdasarkan berita di atas dimana Khofifah Indar Parawansa terlihat diinginkan atau banyak didukung untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Timur pada periode 2018, terlihat dalam hal ini Khofifah Indar Parawansa mendapat dukungan atau motivasi dorongan dari orang lain di sekitar lingkungan maupun sosialnya, hal ini dapat di kaitkan pada motivasi ekstrinsik dimana motivasi ekstrinsik adalah dorongan yang menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu itu bersumber pada suatu kebutuhan yang harus dipenuhi.
https://news.detik.com/berita/3458624/didorong-maju-di-pilgub-jatim-khofifah-saya-cek-sound-dulu

Motivasi Besar Atletico Runtuhkan Keangkeran Bernabeu

                                                                Jakarta - Real Madrid belum sekalipun kalah di kandang musim ini. Atletico berniat mematahkan keangkeran Santiago Bernabeu dalam Derby Madrid di akhir pekan ini.
Los Blancos adalah satu-satunya kontestan di La Liga musim ini yang belum menderita kekalahan di kandang. Madrid tercatat sudah mengemas 12 kemenangan dan tiga hasil imbang
dimarkasnya.
           Catatan bagus itu dianggap Fernando Morintes sebagai pelecut Atletico jelang Derby Madrid, Sabtu (8/4/2017) malam WIB. Anak asuh Diego Simeon bisa mengulang kesuksesan di tahun 2014 dam 2016, yang ketika itu menumbangkan El Real dengan skor 1-0 dan 2-1.
"Real Madrid belum kalah di Bernabeu [musim ini], di sisi lain Atletico dalam performa yang bagus sejak kembali ke posisi tiga," kata Morientes kepada Sportium, yang dikutip Marca.
"Bernabeu sudah menjadi kunci di semua pertandingan musim ini dan kemungkinan besar akan jadi penentu, permainan akan sangat istimewa."
"Atletico Madrid sangat termotivasi di derby dan tentu ingin menjadi tim pertama yang menang di Bernabeu. Ini akan menjadi pertandingan yang spesial untuk keduanya," tegas mantan pemain Los
Merengues itu. 
(din/din)
KESIMPULAN :
         Berdasarkan berita di atas dapat disimpulkan dimana Atletico Madrid sangat termotivasi dalam mengalahkan real madrid di dalam liga sepak bola, hal ini terjadi dimana atletico madrid termotivasi juga akibat belum adanya yang dapat mengalahkan real madrid, jadi hal ini terjadi motivasi yang datangnya dari dirinya sendiri yang termotivasi untuk mencapai sesuatu yang diinginkan  jadi dapat dikaitkan berdasarkan motivasi intrinsik
motivasi intrinsik adalah motif-motif (daya penggerak) yang menjadi aktif dan berfungsinya tidak perlu dirangsang dari luar karena dari diri individu sudah terdapat dorongan untuk melakukan sesuatu.
https://sport.detik.com/sepakbola/liga-spanyol/3468097/motivasi-besar-atletico-runtuhkan-keangkeran-bernabeu
Raih Anugerah Pangripta Nusantara, Wali Kota Tangerang: Ini Jadi Motivasi

 Jakarta - Kota Tangerang kembali meraih Anugerah Pangripta Nusantara (APN) dalam Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2017. Kota Tangerang menjadi yang terbaik untuk kategori kota/kabupaten.
Pada 2015, Kota Tangerang menempati posisi dua pada penghargaan ini.
Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, sesaat sebelum pembukaan gelaran Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Banten tahun 2018, Pemerintah Provinsi Banten, di Aula Hotel Allium, Senin (10/4/2017). 
Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah, menyampaikan, capaian ini tentunya menjadi motivasi. Diharapkan setiap perencanaan-perencanaan pembangunan selalu memihak pada kepentingan masyarakat dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Pemkot Tangerang telah memanfaatkan keberadaan aplikasi yang juga sebagai bagian dari pengembangan Kota Tangerang sebagai Smart City atau kota cerdas. Antara lain aplikasi E-Musrenbang, E-Planning, E-Budgeting, sampai pada sistem evaluasi pelaporan dan pertanggungjawaban. Bahkan, penyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) sudah rangkuman dari proses sistem aplikasi E-Government.
"Selain untuk kemudahan, upaya tersebut juga sebagai bagian dari perwujudan pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Di mana setiap penghargaan menjadi motivasi bagi kami untuk selalu berbuat yang terbaik bagi warga Kota Tangerang," ucap Arief.
Sementara itu, dalam sambutannya, Tjahjo berpesan, kepada para pemimpin daerah yang berada di Pemerintah Provinsi Banten diharapkan agar senantiasa fokus pada target yang telah dibuat setiap tahunnya, baik itu target jangka pendek, menengah maupun panjang.
Terlebih wilayah Banten menjadi provinsi penyangga ibukota dan mendapatkan porsi cukup besar dalam pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN). Seperti proyek kereta api Bandara Soekarno-Hatta, pembangunan jalan Tol Serang-Panimbang.
"Diperlukan fokus di setiap penyelesaian proyek-proyek yang tersebar di beberapa wilayah Banten," pesannya.

Musrenbang ini, lanjutnya, yaitu membahas rencana kerja pemerintah daerah. Oleh karena itu, ditekankan agar kegiatan ini nantinya menghasilkan program yang bisa diselaraskan dengan kebijakan pemerintah pusat.
"Harus mampu merencanakan program pembangunan baik infrastruktur sosial, ekonomi dan politik yang lebih mantap. Sesuai dengan program kepala daerah terpilih dan presiden," kata Tjahjo, seraya mengucapkan selamat kepada kota serta kabupaten yang meraih penghargaan APN.
Pejabat Gubernur Banten, Nata Irawan dalam laporannya mengatakan, percepatan infrastruktur untuk percepatan dan pemerataan pembangunan menjadi agenda besar dalam Musrenbang 2017. Hal ini dikarenakan, Provinsi Banten menjadi salah satu provinsi yang mendapatkan porsi cukup besar dalam pembangunan PSN.
Adapun 15 proyek skala nasional akan dibangun di Banten, seperti yang tertuang dalam Rencana Program Jangka Menengah Nasional 2015-2019 dan diperkuat dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3/2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.
Nata juga mengungkapkan, hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan Musrenbang Provinsi Banten Tahun 2017, meliputi kesepakatan kegiatan perangkat daerah yang telah mengakomodir hasil Musrenbang Kabupaten/Kota dan Pokok-Pokok Pikiran DPRD yang merupakan kewenangan tingkat Provinsi. Di mana kesepakatan usulan kegiatan akan dibawa ke forum Musrenbang Nasional Tahun 2017 dan dokumen Rancangan RKPD Tahun 2018 yang telah diselaraskan.
"Melalui forum ini, kami lakukan upaya musyawarah serta penyelarasan," kata Nata.
Acara yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten ini dilaksanakan dari 10-17 April 2017. Adapun APN yang diberikan oleh Pemprov Banten dengan tujuan mendorong daerah untuk menyiapkan RKPD secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan, sekaligus menciptakan insentif bagi pemerintah daerah guna mewujudkan perencanaan yang berkualitas. Dengan parameter penilaian yang terdiri dari penilaian dokumen perencanaan, penilaian proses perencanaan, penilaian presentasi dan wawancara.
(nwy/mpr)

KESIMPULAN:
Berdasarkan berita diatas dapat dilihat kota Tanggerang mendapatkan anugrah pangripta nusantara, dan kota tanggerang juga akan tetap mempertahankan prestasinya dalam segala bidang, dimana juga dorongan dari reward yang di dapat Tanggerang tetap termotivasi dalam meraih dan mempertahankan prestasi dalam segala bidang, bedasarkan hal ini dapat di kaitkan berdasarkan motivasi Motivasi Positif (Insentif positif). Contoh, Manajer memotivasi bawahan dengan memberikan hadiah kepada mereka yang berprestasi baik. Dengan motivasi positif ini semangat kerja bawahan akan meningkat, karena manusia pada umumnya senang menerima yang baik-baik saja.


Komentar

Postingan Populer